Pasar Oligopoli
Berbicara mengenai macam-macam pasar terdapat 2 macam yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Salah satu yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar Oligopoli.
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas.
Terdapat beberapa ciri-ciri pasar oligopoli diantaranya
1. Terdapat beberapa penjual atau. produsen yang menguasai pasar. (umumnya kurang dari 10).
2. Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (differentianted product).
3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
4. Satu diantara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar terbesar.
5. Sistem harga yang kaku
Karena sifatnya yang hanya terdiri dari beberapa perusahaan, perilaku satu perusahaan menjadi sangat terasa pengaruhnya bagi perusahaan lain, sehingga menimbulkan ketergantungan dari masing-masing strategi atau tindakan yang diambil. Ketergantungan terutama terjadi dalam penetapan harga, dimana penetapan harga yang dilakukan oleh satu perusahaan akan segera diikuti oleh perusahaan lain, sehingga pada akhirnya memunculkan kekakuan harga di tingkat tertentu pada pasar oligopoli.
Dalam pasar oligopoli ada istilah price leadership yaitu suatu alat untuk mengkoordinasi tingkah laku dalam pasar oligopoli yang memungkinkan perusahaan perusahaan yang saling ketergantungan satu sama lain untuk memperoleh laba yang tinggi. Alasan mengapa perusahaan mengadakan kesepakatan price leadership yaitu untuk mencari laba yang tinggi dan dapat menekan harga karena harga dipegang peran penting oleh para pengusaha tersebut.
Sekian pembahasan mengenai pasar oligopoli, semoga bermanfaat.

Komentar
Posting Komentar